Jumat, 30 November 2012

Pembuatan Lembar Kerja Ms.Excel

Merge cell di Ms.excel


Digunakan untuk menyatukan banyak kolom pada Ms.excel.

Dengan cara :

1.Memblok berapa baris/ kolom yang akan di merge atau disatukan




2.Setelah itu klik ikom merge cell pada ribbon home



lalu akan menjadi hasil :


Menyisipi sel, baris atau kolom

1.    Arahkan Pointer pada kepala kolom  sehingga pointer berubah menjadi panah kebawah, kemudian klik kanan.

2.  Pilih Insert untuk menambah kolom disebelah kiri. Kolom baru telah dibuat dan siap untuk diisi. Jika ingin menambahkan lebih dari satu kolom, maka blok beberapa kepala kolom kemudian klik kanan dan pilih insert. Begitu pula dengan baris hanya bedanya arahkan kepada kepala baris



Merubah lebar kolom dan baris di Ms.Excel

®     Tempatkan pointer mouse pada garis antara kolom A dan B pada bagian header kolom
®     Maka Pointer akan berubah menjadi tanda panah berkepala dua
®     Klik dengan tombol kiri mouse dan tarik tanda panah tersebut menuju ke kanan untuk melebarkan kolom A atau ke kiri untuk mempersempit kolom A.
®     Ikuti langkah-langkah yang sama untuk mengubah lebar kolom lainnya.
®     Pada baris sama saja perbedaanya hanya menempatkan pointer ke baris antara 1 dan 2 


Membuat Nomor urut di Ms.excel

®     Awali angka awal pembuatan nomor urut dengan contoh selisih sesuai keinginan misal (1,2)
Lalu copylah kebawah penunjuk sel diletakkan pada pojok kanan lalu tarik kawah atau                         kekanan sesuai keinginan
     Atau awali angka awal dengan memberi tanda petik 1 ('1) Lalu copylah kebawah penunjuk sel diletakkan pada pojok kanan lalu tarik kawah atau kekanan sesuai keinginan



Menyalin & Menaruh Sel di Ms.excel

®     Menggunakan Drag
- Aktifkan sel/range yang akan dipindahkan
- Letakkan mouse pointer di sel yang aktif sampai berubah bentuk menjadi tanda + pada pointer kemudian tekan terus ctrl sambil drag sel ke lokasi yang diinginkan kemudian lepaskan tombol mouse
®     Menggunakan Menu
- Aktifkan sel/range yang akan dipindahkan
- Pilih Ribbon Home
- Klik Tab Ribbon Clipboard lalu pilih Copy
- Pilih sel tujuan / tempat hasil copy kemudian klik Tab Ribbon Clipboard paste

Memindah sel di Ms.Excel


®     Tempatkan mouse di bagian tepi (garis tebal), tapi jangan pada bagian ujung-ujungnya, sampai keluar tanda panah bersilangan. Pastikan bentuk kursor berubah seperti contoh berikut.


®     Klik kiri mouse pada bagian tepi sel, tetap tekan tombol kiri mouse sambil gerakkan ke sel C2. Lepaskan tombol kiri mouse di sel C2. Hasilnya seperti ini:


®     Maka Nama Siswa pindah ke kanan bawah (C2)





Format cell di Ms.excel


Dengan menyeleksi cell yang ingin di format isi cellnya
Lalu klik kanan dan klik pada format cell
Sampai keluar window baru seperti gambar dibawah ini



®     Tab number
Memformat sel berupa angka dalam bentuk tertentu pada category, terdapatr beberapa kategori :
                    General : bentuk umum
                    Currency : memformat data dengan satuan mata uang
                    Data : memformat dapya berupa tanggal dst
®     Tab Alignment
mengatur teks
®     Tab Font
mengatur jenis huruf
®     Tab Border
mengatur garis pada border
®     Tab Patern
member warna pada sel